Rabu, 13 Mei 2009

mengenal blog dan sejarah pengembangannya

Blog, belakangan ini kita sering mendengar kata ini diucapkan orang di sekitar kita. Tidak pandang tua atau muda, mereka semua kecanduan dengan kata ini. Semua orang seakan-akan tidak akan merasa dirinya gaul ataupun keren jika tidak memiliki alamat Blog. Mereka kemudian berlomba-lomba untuk membuat Blog untuk bisa saling berkomunikasi ataupun sekadar membagi informasi yang mereka punyai. Sebelum kita melangkah lebih lanjut untuk membahasnya, mari kita kenali dulu apa Blog itu.

Menurut literatur yang ada di internet dan dari hasil diskusi milis-milis yang ada, Weblog atau Blog, sebenarnya adalah sebuah aplikasi web yang memuat secara periodik tulisan-tulisan (posting) pada sebuah webpage umum. Posting-posting tersebut pada umumnya dimuat dalam urutan posting yang terbalik, walaupun tidak semua demi kian. Dalam Blog, biasanya terdapat posting tentang pengalaman pribadi, curhat, uneg-uneg, opini, dan bahkan romantika kehidupan pribadi penulis. Jadi, secara sederhana Blog dapat didefinisikan sebagai jurnal atau diary online yang dibuat oleh seorang penulis atau beberapa penulis yang isinya tentang beragam informasi dari mulai yang bersifat personal sampai informasi umum yang bisa dibaca oleh semua orang. Dapat dikatakan bahwa kelahiran Blog dimulai dari adanya keinginan untuk menuliskan pengalaman atau kegiatan pribadi layaknya dalam sebuah diary.



Sejarah Singkat Blog

Sebelum blogging (aktivitas blog) menjadi populer seperti sekarang ini, komunitas digital di dunia maya sudah ada dengan berbagai bentuk. Seperti mailing list, chatting room, dan bulettin board system. Kemudian seiring dengan perkembangan teknologi , kreativitas pengguna dan pembuat komunitas digital ini mulai mencari bentuk baru, agar mereka bisa mencurahkan semua ide, uneg -uneg, dan pengalaman mereka.



Dari Diary Online inilah asal muasal Blog yang ada sekarang ini, Diaryland adalah contohnya.


Online diary adalah bentuk dari blog yang pertama kali muncul di dunia maya. Dalam online diary ini penulisnya akan terus meng-updated diary-nya dengan semua kegiatan dan pengalaman dalam hidupnya. Pada masa awal munculnya online diary , banyak orang yang berpandangan negatif tentang komunitas ini. Mereka dianggap sebagai escribitionists karena mereka mempublish kehidupan pribadi mereka secara online agar setiap orang dapat membacanya. Selain itu, karena Blog lebih bersifat pribadi di bandingkan web dan biaya pembuatan web serta sewa hosting yang masih mahal, membuat perkembangan Blog tidak terlalu pesat di masa itu. Oleh karena itu, pada awalnya perkembangannya tidak terlalu menggembirakan. Akan tetapi, setelah awal-awal yang sulit dalam kemunculannya, sebuah site online diary (xanga.com), yang baru diluncurkan pada tahun 1996, bisa menghasilkan angka pertumbuhan yang mengejutkan. Dari data yang ada, pada akhir tahun 1997 mereka hanya mempunyai 100 diary, tetapi di akhir tahun 2005 mereka sudah mencapai angka lebih dari 50.000.000 diary online. Sebuah angka pertumbuhan yang cukup fantastis untuk masa itu. Dapat dikatakan inilah masa-masa kelahiran Blog. Kemudian kemunculan xanga juga diikuti oleh kemunculan penyedia layanan jasa Blog yang lainnya, seperti Pitas,Diary land, Blogger.com, open diary, Blogsome, Blogdrive, de el el.




Xanga.com, adalah salah satu jasa penyedia layanan Blog pertama yang ada di internet.


Setelah orang-orang mulai mengenal blog, penyebaran dan pemakaian blog terus berkembang secara pesat. Perkembangan Blog secara pesat ini didukung dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh penyedia layanan Blog. Sekarang ini para blogger tidak perlu memiliki keterampilan khusus dalam membuat web untuk bisa membuat sebuah Blog. Dengan adanya penyedia layanan Blog, mereka cukup melakukan registrasi dan langsung bisa mem -posting tulisan mereka.



Tipe-tipe blog

Pertama adalah Blog dari tipe medianya, maksudnya adalah isi blog tersebut. Blog yang lebih mengutamakan file video sebagai isinya disebut sebagai Vlog. Sedangkan yang lebih mengutamakan link ke blog lain atau web lain disebut sebagai Linklog. Dan yang paling popular sekarang ini adalah Photoblog (Blog Foto), yaitu Blog yang isinya lebih menitikberatkan pada foto Selain foto, Blog ini juga berisi komentar dari blogger yang sudah mengunjungi & melihat foto yang ada di dalam Blog Foto yang kita punyai.

Kedua adalah Blog dari tipe alat yang digunakan untuk membuat dan meng-updated blog. Jika Anda menggunakan perangkat mobile seperti laptop, PDA, atau ponsel, maka Blog Anda akan disebut sebagai Moblog – Mobile Blog. Beberapa contoh moblog adalah www.moblog.co.uk, www.textamerica.com, www.fotopages.com, www.phlog.net, de el el.

Tipe Blog yang lain adalah dilihat dari fungsinya. Contoh blog ini adalah political blog, travel blog, atau corporate blog. Political Blog menjadi media publikasi bagi para politisi.



Manfaat Blog Foto

  1. Kemudahan dalam berbagi
  2. Kebebasan berekspresi
  3. Sebagai tempat pembelajaran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Clockvi

 
""

' Copyright 2008 Shoppaholic Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez