Minggu, 29 November 2009

HARI RAYA IDUL ADHA 1430 H

Taqabbalallahu Minna wa Minkum, Taqabbal Ya Karim…
Selamat Hari Raya Idul Adha
Minal Aidhin wal Faizin
Mohon Maaf Lahir dan batin





Hanya satu kalimat yang bisa keluar dari bibir ini.. Alhamdulillahirobbil'alami... Segala Puji Bagi Allah Tuhan Semesta Alam, Sungguh Allah telah memberikan Kenikmatan Kepada Hambanya.. kenikmatan tiada tara. Betapa Indahnya Nikmat yang Allah berikan kepada kita, Dia masih memberikan kita Nafas, detak jantung, serta aliran darah Agar hamba-hamba-Nya bisa merasakan wanginya Kebersamaan dan Kuatnya tali silaturrahmi di hari Kemenangan ini. Sungguh Kebahagiaan itu tidak dapat di beli, Maka sudah sepantasnya kita mengucapkan puji dan syukur terhadap Allah SWT.







Setiap tanggal 10 Dzulhijjah, umat Islam merayakan Hari Raya Idul Adha. Sebagaimana lazimnya, setiap hari raya senantiasa diiringi oleh takbir dan tahmid yang menggema. Lantunan takbir dengan suara merdu diiringi dengan tabuhan beduk, serta takbir keliling merupakan nuansa dalam setiap merayakan hari raya, baik Idul Adha maupun Idul Fitri.

Dengan takbir, setiap manusia diajak untuk melakukan refleksi bahwa tidak ada yang abadi, agung dan besar didunia ini kecuali Allah. Harta kekayaan yang kita miliki tidak berarti dihadapan-Nya.Yang berarti dan bermakna dihadapanNya hanyalah derajat taqwa manusia, bukan pada harta, kekuasaan, atau hal-hal lainnya. Kemaslahatan, kemanusiaan, keadilan tidak bisa dipertukarkan dengan kekuasaan, jabatan dan harta kekayaan.

Kemudian, ucapan tahmid mengajarkan kepada kita untuk berterima kasih atas nikmat dan karunia yang telah diberikan Allah kepada kita semua. Karena harta, kekayaan, dan jabatan yang kita miliki perlu kita syukuri bersama. Caranya, dengan memberikan apa yang kita miliki terhadap fakir-miskin dan yang berhak lainnya. Karena itulah, Idul Adha sesungguhnya memiliki dimensi solidaritas kemanusiaan yang sangat dalam artinya bagi kita semua.

Bentuk solidaritas kemanusiaan ini dengan tegas diwujudkan dalam bentuk kurban. Karena itulah, Hari raya Idul Adha seringkali disebut sebagai Hari raya Kurban. Anjuran berkurban ini menunjukkan betapa Islam sangat concern dan care terhadap fakir-miskin dan kaum dhu’afa lainnya. Waktu berkurbanpun ditentukan, yakni mulai dari 10 Dzulhijjah sampai 13 Dzulhijjah, ayyam al-tasyriq.
Penentuan waktu berkurban ini ini sebenarnya bukan untuk membatasi bantuan dan solidaritas kemausiaan kita. Sebab, dalam ayat-ayat lain dijelaskan saling membantu sesama suatu kewajiban bagi segenap umat Islam. Maksud penentuan ini tidak lain agar pada hari raya Idul Adha tidak ada seorangpun yang merasakan kelaparan dan kemiskinan. Tentunya, hal yang demikian itu perlu dilanjutkan sesudah hari raya Idul Adha. Tidak hanya pada hari Raya saja kita membantu sesama tetapi hari lain juga.

Mari kita saling memaafkan
Dari hati yang terdalam ..
Dengan penuh kerendahan hati...
kita sama-sama memohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan
Semoga Allah mengampuni dosa kita semua..
Amien.....


10 komentar:

  1. Met Idul Adha ya mbak...
    Semoga aja kita masih diberi kesempatan untuk selalu berbagi :)

    BalasHapus
  2. @ Zippy : Terimakasih......

    Amin.... Sering2 mampir ya kawan.. ^_^

    BalasHapus
  3. sukses selalu ya, sebentar lagi kan tahun baru Islam 1 muharam 1431 H. Ditahun yang baru nanti kita akan lebih sukses, Insya Allah.

    BalasHapus
  4. @ Arya : Amin Ya Allah.... InsyaAllah... mudah2an kita termasuk orang2 yang sukses dunia akhirat....

    BalasHapus
  5. Salam ziarah. Blog anda sgt menarik. Jemputlah dtg ke blog saya pula. Jom kita saling jadi follower? Buat MOU, OK? Thanks.

    Zuki (zukidin.blogspot.com)

    BalasHapus
  6. @ Juk : thanks kawan... tunggu kedatangan saya di gerbang rumah sahabat... hehhe

    BalasHapus
  7. Walau telat, tp tetap nekat.. hik
    Selamat Idul Adha 1430 H..

    BalasHapus
  8. @ Amru : hehehhe......... silahkan... sering2 mampir...

    BalasHapus
  9. Blognya bagus mba, menarik dan atraktif, tetapi loadingnya agak berat. Coba di peringan sedikit pasti tambah mantab deh :). Btw, kalau berminat tukar link, tolong konform dulu ya. Salam kenal, Thanks.

    BalasHapus
  10. NUMPANG MASUK.....
    http://www.dayatbanyuwangi.com/

    BalasHapus

Clockvi

 
""

' Copyright 2008 Shoppaholic Designed by Ipiet Templates Image by Tadpole's Notez